Beberapa Langkah Pembinaan Karakter Generasi Muda

Spread the love

Di revolusi industri 4.0 ini, poin yang ditekankan dalam dunia pendidikan salah satunya adalah pendidikan karakter. Tidak mudah untuk mengubah, ataupun mengembangkan pendidikan karakter dalam mendidik anak. Pendidikan karakter selain memiliki banyak tantangan, juga menjadi salah satu fokus penting dalam bidang pendidikan.

Di tahun 2022 ini, di era new normal setelah 2 tahun berjalannya pandemi, bisa dibilang masyarakat Indonesia sedang dalam kondisi krisis. Tidak hanya krisis ekonomi yang terlihat jelas, krisis moral yang kian marak, tetapi juga krisis pendidikan yang dampaknya akan dirasa beberapa tahun ke depannya. Disaat krisis inilah sebuah pendidikan karakter akan sangat bermanfaat untuk masa depan generasi.

Mengapa krisis pendidikan moral ini sangatlah menjadi momok? Ataupun dikhawatirkan oleh banyak pakar pendidikan? Coba Anda amati kegiatan sekolah sekarang dan pikirkan. Bagaimana perkembangan pendidikan karakter anak-anak setelah sekolah online? Bagaimana mereka berinteraksi sosial tanpa bertemu guru dan teman? Mengkhawatirkan bukan?

Ditambah, generasi yang di didik saat pandemi ini, nantinya 10-20 tahun ke depanlah yang akan memimpin negara ini, inilah mengapa sebuah pendidikan karakter sekarang dapat mempengaruhi nasib generasi yang akan datang.

Pembinaan karakter dengan cara sedekah Jumat dan Bimbel Gratis generasi muda

Pendidikan karakter itu sendiri terbagi menjadi berbagai jenis karakter, mulai dari mendidik karakter amanah, jujur, dermawan, budi pekerti, dan lain sebagainya. Untuk kegiatan yang memupuk pendidikan karakter itu sendiri, bisa dicontohkan melalui berbagai hal, semisal kegiatan sedekah Jumat, kegiatan bakti sosial, kegiatan Bimbel gratis, dan lain sebagainya.

  1. Kegiatan sedekah Jumat

Kegiatan sedekah Jumat yang diadakan tiap hari Jumat, memupuk rasa empati kepada masyarakat, kepedulian terhadap sesama, serta ibadah dan infaq. Kegiatan ini, tidak hanya memberikan suka cita terhadap penerimanya, tapi juga memupuk rasa kebersamaan bagi yang mengikuti kegiatan sedekah Jumat.

Kegiatan Sedekah Jumat ini, adalah salah satu kegiatan yayasan sekolah yang sangat patut untuk dicontoh, dan menjadi kegiatan di luar kurikulum pembelajaran yang mampu membantu untuk tahap pendidikan karakter di generasi muda. Kegiatan berbagai kebaikan ini, adalah salah satu kegiatan yang patut dicontoh untuk semua elemen masyarakat.

  1. Kegiatan bakti sosial masyarakat

Sama seperti kegiatan sedekah Jumat tiap minggunya, kegiatan bakti sosial masyarakat ini juga sangat berguna untuk memupuk rasa empati, dan kepedulian anak-anak terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Selama masa pandemi, empati anak-anak bisa dibilang sedang turunnya, sehingga kegiatan yang memupuk empati ini pastilah akan sangat cocok untuk pendidikan.

  1. Kegiatan Bimbel gratis untuk anak-anak kurang mampu

Kunci dari pendidikan karakter untuk memupuk empati adalah kegiatan yang menunjukkan kepedulian anak terhadap masyarakat, seperti kegiatan berbagi. Tidak hanya berbagai materi seperti sedekah Jumat, ataupun bantuan sosial untuk masyarakat. Kegiatan berbagi ilmu seperti bimbel gratis itu pun masuk salah satu kegiatan yang memupuk rasa empati masyarakat.

Selain kegiatan yang memupuk pendidikan karakter empati terhadap sesama, ada beberapa kegiatan pendidikan karakter lainnya, seperti yang berfokus terhadap kejujuran anak dengan cara mencontohkan untuk tidak mencontek, dan berbuat jujur dalam masyarakat.

Pendidikan karakter sangatlah penting, dan merupakan fondasi pada karakter generasi mendatang, Jika pendidikan karakter pada sebuah generasi menjadi bobrok, maka tidak dapat dipungkiri masa depan saat generasi tersebut akan memimpin negara menjadi masa depan yang cukup mengkhawatirkan. Oleh karena itulah, setiap elemen pendidikan seperti bimbel mulai berkontribusi dalam pendidikan karakter.